Foto Saya

Alvin Johanes'

Uni ??? Bulu Babi (Sea Urchin)

5 comments
Hola halo! terima kasih sudah mau mampir lagi ke post saya yang baru yang tentunya akan melanjutkan tentang makanan-makanan aneh yang ada di Jepang.

Oke bagi yang belum tau apa itu bulu babi silahkan acungkan jari...

Mungkin ada juga yang berpikir kalau bulu babi itu gak halal tapi, sebenarnya nama bulu babi itu adalah nama lain dari landak laut a.k.a. Sea Urchin. Agar lebih jelas, akan saya taruh gambar landak laut dibawah nih..*tring...


Gimana?? Agak mengerikan juga yah. Seperti namanya yaitu landak laut, hewan ini memiliki duri-duri yang tajam yang berfungsi untuk melindunginya dari serangan predator. Landak laut memiliki lebih dari ratusan spesies dan beberapa diantaranya ada yang berbahaya karena durinya mempunyai racun yang dapat merenggut nyawa lho. Jadi buat kalian yang sedang berenang di pantai atau laut, hati-hati yah untuk tidak menginjak hewan laut ini.


Penasaran kenapa hewan ini masuk kedalam blog ini? Alasannya yang pertama adalah risiko tertusuk bagi yang belum terbiasa untuk isi landak laut ini (sakit loh, pake banget) dan yang mungkin pernah makan うに(Uni) ini tapi gak tau sebenernya yang kalian makan itu bagian apanya sih? Mari kita lihat gambar dibawah ini.


Nah, itu dia dalamnya landak laut. Bagian yang biasanya dimakan itu yang berwarna kuning keemasan. Kalian tau itu apa? Bagian warna itu merupakan kelenjar kelamin landak laut yang kalau di Jepang disebut dengan うに(Uni) , kaget? tapi tunggu dulu, rasa setelah mamakan uni ini memberikan rasa sedikit manis yang disertakan dengan rasa seperti air laut yang fresh. Kesulitan saat memakan uni selain harus berhati-hati dalam membuka landak laut itu, kita tidak dapat menyimpannya terlalu lama karena, uni mudah hancur dan cepat membusuk. Di Jepang, musim dingin merupakan musim yang sangat baik untuk memakan uni. Kalian sekarang sudah tahu kan apa itu Uni, juga bagian mana yang kalian makan? Gimana masih ingin mencoba?? 




sumber:

Next Post Newer Post Previous Post Older Post Home

5 comments :

  1. pernah mencoba memakan uni tidak, alpin?

    ReplyDelete
  2. waah uni, kalo di luar selain jepang harganya cukup terkenal mahal karena kesegaran yang menjadi sebuah kualitas ternyata asal usulnya dari BULU BABI !! HAHAHAHA
    nice info gan XD

    ReplyDelete